Provinsi Bali Belum Tetapkan UMP 2014

Provinsi Bali Belum Tetapkan UMP 2014
Rate this post

Penetapan UMP 2014 di Bali masih dalam tahap pembahasan besaran angka.

DENPASAR, Jaringnews.com – Provinsi Bali belum menetapkan Upah Minimum Provinsi (UPM) 2014. Belum ditetapkannya UMP dikarenakan besaran angka UMP nya masih dirundingkan antara dewan pengupahan, perusahaan dan buruh.

“Sampai saat ini, Bali belum menetapkan berapa UMP 2014. Ini masih dalam pembahasan antara dewan pengupahan, pengusaha dengan buruh. Kita (bali) belum memutuskan,” kata Gubernur Bali, Made Mangku Pastika di Denpasar, Selasa (5/11).

Sementara pihak dari pemerintah daerah hanya menurut saja apa yang  akan ditetapkannya nantinya. Diakui bahwa pemerintah daerah tidak bisa menolak atau menekan. Harus dipastikan diangka tertentu, karena pemerintah daerah menghormati hasil keputusan tersebut.

“Kita menunggu saja. Kita manut (menurut) apa yang disepakati, apa yang diputuskan. Pemerintah daerah tidak bisa memaksa harus angka berapa, tunggu keputusan bersama saja,” tambahnya.

Bali sebagai daerah pariwisata, memang layak mendapatkan angka UMP seperti halnya DKI Jakarta. Karena bagamimanapun juga, kehidupan di Bali sebagai tujuan wisata dunia, memang bukan daerah industri yang mana memiliki ribuan buruh pabrik. Yang ada hanya buruh yang bekerja di sektor garmen yang jumlahnya tidak sebanyak mereka yang bekerja disektor pariwisata seperti pemandu wisata, pramuwisata, pekerja hotel dan restoran, pekerja di artshop dan lainnya.

Untuk saat ini, UMP 2013 bali ditetapkan sebesar RP 1.181.000,- dan belum diketahui apakah tahun depan mengalami kenaikan atau tidak.

Sekedar diketahui, ada penambahan jumlah Provinsi yang sudah menandatangani penetapan UMP 2014 di wilayah masing-masing. berdasarkan rilis Kemenakertrans, hingga hari ini jumlah propinsi yang sudah menandatangani UMP 2014 sebanyak 20 propinsi.  terkait penetapan UMP 2014, Menakertrans juga meminta kepada kepala-kepala daerah agar mempercepat pembahasan dan penetapan upah minimum sehingga penetapan upah dapat diterapkan dengan tepat waktu, memberikan kepastian hukum dan tidak menimbulkan masalah bagi pekerja dan pengusaha.

(Sri / Nvl) Sumber : http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/51179/provinsi-bali-belum-tetapkan-ump-

  • umr bali
  • UMR bali 2014
  • umk bali 2014
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *